Good Communication Skill (Part 1)


           
             
           Berdasarkan salah satu buku yang pernah saya baca, ada 3 management skills yang perlu dikuasai sebagai Key To Be Success. 3 Management Skills tersebut adalah :
1.     Management of Cash Flow
2.     Management of Systems
3.     Management of People
  Pada post kali ini, saya akan membahas tentang Management of People, secara spesifik dalam cara komunikasi dan bagaimana kita harus bersikap. Pembahasan kali ini akan saya bagi menjadi 2 post dikarenakan memang cukup banyak yang perlu dibahas. Perlu saya tekankan bahwa kunci kesuksesan didasarkan atas banyak hal, salah satunya adalah communication skills and how we act as a person.
            Pertama-tama, akan saya jelaskan tentang konsep 4 Temprament dasar manusia. Kita harus mengetahui konsep ini untuk memahami tipe tempramen diri kita sendiri sehingga kita bisa menempatkan posisi kita saat berbicara dengan orang lain dan supaya kita bisa menganalisa lawan bicara kita, tipe tempramen apakah dia dan bagaimana kita harus bersikap saat berbicara dengan tipe-tipe temperament tertentu.
1.     Choleric
Tipe Choleric adalah individu yang biasanya bersifat tegas, mandiri, pekerja keras, dominan dan merupakan natural leader. Dalam sebuah Circle of Friends kita pasti memiliki salah satu teman yang memiliki temperamen ini. Tipe tempramen ini, akan sangat senang jika dirinya berhasil memimpin sebuah Circle, mereka akan merasa berhasil saat pendapat mereka didengar oleh orang-orang sekitarnya atau bahkan bisa memberi motivasi terhadap orang lain. Mereka lah yang biasanya menjadi si pengambil keputusan pada suatu circle saat orang-orang disekitarnya bingung untuk mengambil sebuah keputusan, dan tipe tempramen ini akan sangat senang jika keputusan mereka diikuti oleh yang lainnya.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti akan menjumpai tipe tempramen ini, dan bagaimana cara agar kita bisa memenangkan hati seorang Choleric? Sudah saya jelaskan diatas bagaimana cara berfikir tipe ini. Saat bertemu orang dengan tipe tempramen ini, yang harus kita lakukan adalah meminta pendapat mereka tentang sebuah keputusan, meminta mereka agar memimpin, dan mendengarkan pendapat mereka. Dengan cara ini, maka orang Choleric akan merasa senang dengan kehadiran kita karena telah meninggikan mereka dan menganggap kita sebagai orang yang bisa mereka percaya.
Tapi bukan berarti apapun pendapat mereka kita ikuti ya, karena semua hal didunia ini pasti ada sisi positif dan negatifnya, pintar-pintarnya kita untuk memilah mana yang baik dan buruk dari pendapat mereka.

2.     Sanguine

Tipe kedua adalah Sanguine, dimana orang dengan tipe tempramen ini biasa adalah yang paling suka berbicara dalam sebuah Circle of Friends. Orang Sanguine, sangat suka menjadi pusat perhatian, akan terus berusaha mengajak ngobrol orang-orang disekitarnya agar dirinya terlihat orang paling asik disekitarnya. Biasanya, orang-orang Sanguine rata-rata yang suka jadi MC di acara-acara nih.
Cara berhadapan dengan orang seperti ini ya tentunya, memberi respon pada setiap ajakan obrolannya, karena orang-orang ini memang sangat suka berkomunikasi. Respon yang diberikan juga harus yang bisa membalas keasikan mereka nih. Semakin asik kalian memberikan respon terhadap tipe orang Sanguine, akan semakin tinggi juga derajat kalian dimata mereka.
3.     Melancholy
Nah tipe melancholy ini adalah tipe yang paling sensitive dari semua tempramen. Tipe ini biasanya adalah orang-orang yang cenderung introvert, penganalisa, sangat logical dan sangat private. Orang-orang seperti ini bener-bener butuh fakta, bukan spekulasi, karena kalo hanya spekulasi, bisa ga masuk akal menurut mereka. Tipe melancholy ini sangat worry terhadap pandangan orang lain ke dirinya.
Cara menghadapi orang seperti ini, memang agak susah sih ya, karena introvert dan sensitive pula. Tapi kalo kita tau bagaimana mereka berfikir kan kita jadi bisa hati-hati. Ya jelas, pastinya saat berbicara dengan mereka kita harus sebisa mungkin menunjukkan bahwa kita memang tertarik berteman dengan mereka, berhati-hati tidak menyakiti hati mereka, serta menunjukan bahwa dalam pandangan kita, mereka adalah orang yang positif. Lalu, jika berkaitan dengan argument, sampaikan fakta-fakta yang ada bukan hanya sekedar spekulasi, maka dengan begini mereka akan menganggap kita orang yang Knowledgable, dan cocok untuk berteman dengan mereka.
Masih ada sisa 2 tipe tempramen yang belum saya bahas dan akan saya lanjutkan di post selanjutnya, beserta pembahasan tentang bagaimana bersikap didepan orang-orang yang menurut pandangan saya adalah hal yang benar untuk dilakukan.
Saya terbuka untuk berdiskusi tanpa menggunakan kata-kata kasar atau yang tidak enak didengar, saya terbuka terhadap kritik dan bersedia mengubah jika memang ada kesalahan. Silakan kasih komentar kalian, dan cek post selanjutnya!





Comments

Popular Posts