Good Communication Skills (Part 2)



             
            Kelanjutan dari post sebelumnya tentang Good Communication Skills, masih ada 2 tipe temperament yang akan dibahas di post kali ini. Ada 4 temprament, yaitu Choleric, Sanguine, Melancholy, dan Phlegmatic. Sisa satu yang belum dibahas yaitu Phlegmatic.
            Phlegmatic
        Tipe temperament phlegmatic adalah tipe yang biasanya “service-oriented”. Maksudnya adalah, tipe temperament ini suka banget dengan kedamaian. Dia adalah tipe yang minta maaf terus-terusan kalo misalnya punya salah, tipe yang mau dimintain tolong, tipe yang memang senengnya adalah untuk pleased the other dengan kebaikan-kebaikannya.
      Tipe ini sebenarnya tergolong introvert, dan jarang emosi. Tapi dari segala kelebihannya itu, biasanya tipe ini yang sering kena bully sama orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Nah gimana cara berhadapan dengan tipe orang seperti ini?
     Caranya adalah dengan menjadi alpha terhadap tipe seperti ini, karena kecenderungan tipe phlegmatic ini biasanya seneng kalo ada alphanya dan mereka akan nurut dengan alphanya. Tapi dalam artian menuju kebaikan ya, jangan malah dijerumuskan ke hal-hal yang buruk. Tentunya kebaikan mereka juga butuh dibalas dengan kebaikan, tolonglah mereka jika mereka butuh pertolongan, dan perlakukan mereka seperti apa yang kamu ingin diperlakukan oleh mereka.
            Itu lah definisi singkat dari 4 tipe temperament manusia beserta sedikit saran cara berhadapan dengan setiap tipenya. Biasanya setiap orang memiliki lebih dari satu temperament, contohnya :
1       .     Choleric – Phlegmatic
2       .     Choleric – Sanguine
3       .     Phlegmatic-Choleric
4       .     Sanguine Choleric
5       .     Dan sebagainya

Namun hanya akan ada satu yang dominan dalam kombinasi temperament tersebut. Setelah membaca post ini, tentunya kalian sekarang tahu tipe temperament mana kah diri kalian sendiri kan? Sebelum kalian mempelajari tipe temperament orang lain, akan sangat baik kalian pelajari dulu tipe mana kah kalian? Sehingga kalian bisa menempatkan diri saat berinteraksi dengan orang lain yang memiliki tipe temperament berbeda.
            Satu kalimat yang pastinya sudah tidak asing lagi untuk kita semua, You get  what you give. Tekankan kalimat ini dalam mindset kalian karena jika kalian ingin diperlakukan baik oleh orang lain, maka berbuat baiklah terhadap orang lain, dengan begitu orang lain akan merasa harus membalas kebaikan yang kalian berikan dengan kebaikan.
            Selain memahami keempat temperament manusia, kalian juga harus pintar menganalisa lawan bicara kalian dan menempatkan diri kalian disetiap situasi yang berbeda. Misalnya, jika kalian memiliki temperament dominan Choleric dan harus berhadapan dengan orang yang juga Choleric di dalam Circle of Friends kalian, maka kalian harus pintar-pintar bertukar pendapat satu sama lain dengan orang tersebut, berdiskusi untuk mengambil keputusan, dan mengalah satu sama lain. Kalian harus bisa menganalisa, sehingga tidak terjadi hal-hal seperti bersaing satu sama lain untuk mengambil keputusan, menyalahkan keputusan yang lain, atau tidak mau mengalah. Hindarilah hal ini agar bisa sukses berkomunikasi dengan orang lain.
            Kenapa saya membuat post tentang Communication Skills? Karena di post sebelumnya, hal ini adalah salah satu kunci kesuksesan yang harus kita miliki. Koneksi adalah hal terpenting dalam hidup, dan dengan memahami cara berkomunikasi yang baik, maka membangun koneksi tidak akan menjadi hal yang sulit. Bacalah buku-buku self-improvement untuk meningkatkan skill-skill yang tidak kalian pelajari di sekolah. Membaca buku-buku self-improvement juga akan membuka mindset kalian agar menjadi lebih open-minded.
            Satu kalimat lain yang perlu juga kalian ketahui, Circle of friends by time, decreases in number, increases in value. Semakin dewasa kalian, maka teman-teman yang kalian miliki akan semakin berkurang, tapi teman-teman tersebut lah yang merupakan Real Friends yang akan mempengaruhi hidup kalian.
Pilihlah teman yang membawa pengaruh positif dan tinggalkanlah yang membawa pengaruh negative seperti misalnya, yang malas untuk belajar hal baru, sangat mengandalkan duit pemberian orang tuanya untuk berfoya-foya, ataupun yang tergolong Toxic. Dekatkan diri kalian ke orang-orang yang suka belajar hal baru, berusaha keras untuk mendapatkan apa yang dia mau, bisa membuat diri kalian menjadi lebih baik. Karena nantinya, Real Friends kalian tidak hanya ditentukan oleh apa yang kalian mau. Dan, environment adalah factor pengaruh paling besar dalam kesuksesan dan pembentukan karakter seseorang.
Sekian bahasan kali ini, saya terbuka untuk diskusi apapun, tidak dengan kata-kata kasar, makian, atau sindirian. Tetapi dengan menggunakan kata-kata yang sopan dan polite. Kritik apapun akan saya terima, karena kritik adalah suatu hal yang tidak saya ketahui dan harus saya ubah. Share post ini ke teman atau social media kalian dan comment untuk diskusi!

Comments

  1. hallo gan, nah kalo menurut agan, agan termasuk tipe temperament yang mana nihh ? hehehe dan kalo menurut agan, paling enak diajak gaul sama tipe temperament yang mana sihh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Garry, kalo gue sendiri sih tipe Choleric-Melancholy sih. Sebenarnya ya tergantung individu masing-masing enak yang mana, tapi kalo gue cenderung lebih seneng interaksi dengan orang yang Sanguine dan Phlegmatic, karena kalo orang Sanguine tuh ena k diajak ngomong, apa aja masuk, dan kalo Phlegmatic, karena gue Choleric ya cocok banget sama Phlegmatic, karena mereka kan iya iya aja kalo gue ada ide atau gue ngambil keputusan gitu haha

      Delete

Post a Comment

Popular Posts